Baso Aci Tulang Rangu komplit

Dipos pada March 5, 2022

Baso Aci Tulang Rangu komplit

Anda sedang mencari inspirasi resep Baso Aci Tulang Rangu komplit yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Baso Aci Tulang Rangu komplit yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Baso Aci Tulang Rangu komplit, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Baso Aci Tulang Rangu komplit enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit adalah 6_7 mangkuk.. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Baso Aci Tulang Rangu komplit diperkirakan sekitar 1/2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Baso Aci Tulang Rangu komplit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit memakai 16 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mumpung idul adha daging masih banyak saya buat baso aja tapi versi baso aci yg lagi hitz 😂 Tapi biar nikmat isianya pakai daging sapi cincang asli

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit:

  1. 1/4 Daging sapi+lemak(Pakai tetelan lebih bagus)
  2. 15 SDM Terigu
  3. 10 SDM Tapioka
  4. 6 Siung Bawang putih
  5. 4 Bawang merah
  6. 1 sdt merica
  7. 1 Sdm garam
  8. 1 Sdm masako
  9. 1/4 sdt micin
  10. secukupnya Minyak goreng
  11. Air putih
  12. Pelengkap: Tahu matang,Sawi putih,kulit pangsit,pilus
  13. 6 Cabai rawit&2 Cabai merah keriting
  14. 2 bungkus Bon cabai
  15. Jeruk limau/nipis
  16. 1 ikat seledridan bawang daun. Bawang goreng secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat Baso Aci Tulang Rangu komplit

1
Cuci bersih daging kemudian rebus sampai empuk dalam 1 liter air. (Jangan buang air rebusannya ya) sisakan sedikit daging yang mentah untuk di cincang.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 1
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 1
2
Daging mentah yg dicincang marinasi dengan Masako saja. Sementara yg sudah di rebuh cukup dipotong kecil-kecil.
3
Siapkan teflon. Haluskan 3 Siung Bawang putih,1/4 sdt merica,1 sdt garam,1 Sdm masako, sedikit micin. Kemudian larutkan dalam 3 gelas belimbing air putih matang.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 3
4
Aduk"bumbu sampai larut. Tambahkan tepung terigu sedikit" sambil di aduk sampai rata. Masak dalam api sedang sampai mengumpal.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 4
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 4
5
Pindahkan dalam wadah adonan terigu ya lalu taburi dengan tapioka dan tambahkan potongan seledridan daun bawang aduk sampai merata.
6
Baso Aci. Ambil secukupnya adonan lalu bulatkan kemudian pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan daging sapi cincang lalu bulatkan kembali.(Saya sebagian pakai daging sapi matang,dikarenakan daging cincang saya terlalu sedikit) saya buat baso Acinya 20 biji ukuran sedang.
7
Siapkan air putih 1 liter beri minyak goreng 1/2 Sdm tunggu keluar buih baru masukan baso Acinya. Tunggu sampai mengapung.
8
Kol gulung isi daging. Cuci sawi putih kemudian kopek" ambil bagian yang lebar lalu kukus sebentar(5mnt). Setelah di kukus sawinya di ambil. Ambil adonan Aci pilihkan adonan seukuran pangkal sawi. Kemudian beri daging giling. Lalu gulung sawinya. Lakukan sampai sawi selesai di buat(saya buat 10 gulungan) kemudian sisihkan.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 8
9
Baso Aci tahu. Siapkan tahu yg sudah di goreng(saya beli langsung matang dari pasar biar praktis). Buang isi putihnya kemudian isi dengan adonan Aci lakukan sampai selesai. Kemudian sisihkan.
10
Baso Aci pangsit. Ambil kulit pangsit potong menjadi 4 bagian lalu ambil sedikit adonan/ambil kecil saya adonanya (saya seukuran kelereng tapi lebih kecil) lalu lipat pangsit sesuka kalian. Baso Aci sosis. Iris sosis sapi menjadi 3 bagian lalu potong 4 bagian ujungnya. Bagian atas beri adonan Aci kemudian goreng lalu sisihkan.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 10
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 10
11
Siapkan kukusan kemudian beri air di bagian bawah olesi minyak di atasnya. Tunggu sampai mendidih lalu masukan baso Aci,baso kol gulung dan Aci yg sudah di rebus tadi kukus sampai matang(30mnt kurleb)
12
Goreng pangsitnya sampai berwarna kekuningan lalu campur dangan sosis Aci yg sudah di goreng dalam wadah. Setelah agak dingin baru tutup agar tidak melempem terkena udara.
13
Cara membuat kuah. 2 cabai merah keriting 6 rawit. 1)4 sdt merica 1 Sdt garam 1 sdt Masako 1 bungkus Bon cabai level 15 Beri sedikit air lalu blender halus. Setelah halus tumis sebentar dengan sedikit minyak sampai harum. Masukan kaldu sapinya bisa di beri jeroan sapi jika suka. Lalu masukan sisa daun bawang dan seledri yg sudah di potong kecil-kecil.
14
Koreksi rasa kuahnya yaa jika di rasa kurang asin bisa di tambahkan garam. Tunggu mendidih lalu taburi bawang goreng matikan kompor.
15
Siapkan mangkuk tata porsi basonya sesuai selera. Saya. 2 buah baso tahu 4 baso Aci 1 kol gulung Aci 2 pangsit goreng 1 Aci sosis gurita. Tetelan sapi Siram dengan kuahnyaa lalu taburi dengan pilus dan tambahkan irisan jeruk limau.
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
Baso Aci Tulang Rangu komplit - Step 15
16
Baso Aci siap di nikmati selamat mencoba☺️☺️☺️☺️ jika suka pedas bisa di taburi lagi dengan bin cabai atau saos sambal👍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sop baso + sambel telor

Sop baso + sambel telor

Pasangan menu ini pas banget, tambah enak lagi ada tempe gorengnya. Menu sehat, murah dan gampang, yuuk dicoba

Bakso Goreng Bihun Puyuh (Kreasi Bihun AAA)

Bakso Goreng Bihun Puyuh (Kreasi Bihun AAA)

Hallo Hun! bikin bakso goreng nih, bakso goreng kali ini istimewa banget ya hun. Resep ini dibuat oleh Bihun AAA #kreasibihunaaa #bihunaaa #bihun #bihunberas #70thbihunaaa #beraspera

45 menit
Tumis Bakso Jagung Semi

Tumis Bakso Jagung Semi

Tiap Hari Bingung Mau Masak Apa😁... Yang ada di kulkas aja, masak suka suka.

Bakso sapi ala mama twins

Bakso sapi ala mama twins

Ada daging hasil idhul adha kemaren mari kita bikin bakso saja.. oyaa ni saya kasih resep kuah nya aja ya krna daging nya saya giling ke penggilingan

10 porsi
2 jam
Bakso Ikan a.k.a Hie Wan

Bakso Ikan a.k.a Hie Wan

Dapet hasil lumayan buat stock. Belum bisa halus banget bikinnya. Masih harus banyak latihan.

Bakso ayam serba homemade

Bakso ayam serba homemade

Dari pentol ayam,mie sampai air kaldu bikin sendiri kecuali sayur saya belum bisa ngebun sendiri😅beli seiket 5ribu Bagi yg lebih suka menambah penyedap/micin dalam kuahnya silahkan...yg namanya masak sesuaikan selera lidah masing-masing aja ya😁 #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget

Bakso Daging Sapi Dan Daging Ayam

Bakso Daging Sapi Dan Daging Ayam

Haaaa resep blm siap tiba tiba main post aja. Hp lagi g kompak😓😓😓 Bikin bakso karena beberapa hari cuaca sangat dingin kayaknya ngebakso enak banget ya, tapi biar aman bikin sendiri karena pandemi dan PPKM juga bukan berarti g bisa ngebakso xixixixi Ini enak banget spt bakso urat yg di jual 😁 #CookpadIndonesia #DirumahAja #MasakAsyik #MasakanRumahan #OlahanBakso #BaksoDaging #BaksoAyam

Bakso mercon

Bakso mercon

Pengen masak yg pedes2, dimakan pakai nasi angett huu bikin nasi nambaahh bun

Baso tempe kuah lengkap

Baso tempe kuah lengkap

Resep baso tempe sdh pernah buat ya. Kali ini sy buat meracik lengkap dg baso ayam.cilok hmmmm enakk🤤🤤🤤

Bakso daging simple

Bakso daging simple

Jadi ujan ujan pen makan baso kebetulan dikulkas ada daging giling yang tadinya mau buat burger tp ga sempat2 akhirnya cuss buat baso aja

Capcay Bakso

Capcay Bakso

Semua bahan bisa menyesuaikan ya ^^

4-5 orang
Tumis wortel adonan bakso mpasi

Tumis wortel adonan bakso mpasi

Karena bingung mau masak apa,dikulkas ada bahan bakso, akhirnya dibuatlah tumis bakso untuk anak gtm ini

2 porsi
30 menit
Bihun Goreng Bakso

Bihun Goreng Bakso

🤤🤤🤤

4-5 orang
± 20 menit
Bakso sapi

Bakso sapi

4 orang
2 jam
#269 Orak Arik Sayur Kol, Sosis, dan Bakso

#269 Orak Arik Sayur Kol, Sosis, dan Bakso

Resep ala suami. Tapi pas saya yang buat ini sepertinya kurang banyak kol nya. Sesuai selera ya moms 😁 14.6.2021

1 orang
10 menit
Roti isi bakso sapi

Roti isi bakso sapi

Sukak banget sm roti pumpkin nya NIT* Tapi ya harganya itu lohhhh bikin nangis. Nguprek2 resep dari berbagai sumber aku modif alhasil alhamdulillah rotinya empuk banget masyaAllah bahagia bgt mirip2 sm roti nit* cuman pumpkinnya aku ganti dengan kentang. Mohon maaf gambarnya ga cantik karena foto malam udah gtu hapenya pake hape kentang lagi 😂😂😂

Bakso Daging Sapi

Bakso Daging Sapi

Assalamu'alaikum sahabat cookpad.. Sy suka sekali dgn mknan yg 1 ini, jd penasaran sekali ingin bs membuatnya. Entah sdh brp kali trial n error 🤧, akhirnya menemukan resep yg pas..♥️ Sebenarnya sy bukan ahli, tetapi sy ingin berbagi resep dan cara pembuatan bakso berdasarkan pengalaman. Semoga bs bermanfaat..☺️ Kali ini sy akan berbagi resep bakso sapi tanpa baking powder (BP) atau pengenyal (STTP). Alhamdulillah teksturnya ada kenyal2nya walau tdk sekenyal kl pakai BP atau pengenyal. Untuk membuat bakso yg kenyal dan kres tanpa BP atau pengenyal diperlukan daging segar yg bila dipegang msh hangat dan lengket. Selamat me-recook..♥️

Bakso Mercon

Bakso Mercon

Mumpung lagi pd kumpul, bikin cemilan sebelum makan malem..

10 porsi
20 menit
Bakso Sapi Kenyal, Renyah

Bakso Sapi Kenyal, Renyah

Bikin ini buat stok puasa biar hemat,hihihi #pejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_borneo #cookpadcommunity_kalsel