Bakso Daging Sapi Kenyal

Dipos pada March 5, 2022

Bakso Daging Sapi Kenyal

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso Daging Sapi Kenyal yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakso Daging Sapi Kenyal yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakso Daging Sapi Kenyal, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakso Daging Sapi Kenyal enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakso Daging Sapi Kenyal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakso Daging Sapi Kenyal memakai 11 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kirain gak bakal dapat jatah daging kurban. Eh alhamdulillah siang-siang dikabarin kakak disuruh ngambil dirumahnya, lagi ada banyak soalnya beliau habis kurban. Yeayyy langsung lah kepikiran bakso. Seumur-umur belum pernah buat tapi sering lihat ibu buat karena dulu sempat jualan bakso. Resep ini aku dapat dari chanel youtubenya Dhasilfa Raditya dan tentunya resep ibu juga hihihihi. Sumpah ini kenyal banget lho! Enak~

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakso Daging Sapi Kenyal:

  1. 500-600 gr daging sapi
  2. 1 sdm bawang merah goreng (+-7 siung)
  3. 2 sdt bawang putih goreng (+-4 siung)
  4. 1/2 sdt baking powder
  5. 100 gr tepung tapioka (+- 10 sdm)
  6. 2 sdt garam
  7. 1 sdt merica
  8. 1 sdt gula
  9. 1 butir putih telur
  10. 1 sdt kaldu sapi atau jamur
  11. 80 gr es batu (+-8 buah es batu ukuran kecil yg kotak" itu lho)

Langkah-langkah untuk membuat Bakso Daging Sapi Kenyal

1
Tips tambahan kalau mau bikin bakso rat bisa dengan campuran 450gr daging dan 150gr otot sapi yg sudah dicincang ya. Jangan lupa saat beli urat/otot sapi minta gilingkan sama penjualnya karena chopper/blender kita gak akan kuat nanti cepat rusak hehehe.
2
Campurkan semua bahan yg berbentuk serbuk. Tepung, garam, merica, kaldu bubuk, baking powder. Aduk rata.
3
Potong daging menjadi berbentuk dadu kecil-kecil.
4
Selanjutnya tahap menghaluskan semua bahan. Pertama masukkan daging dan bawang goreng lalu blender hingga lumayan halus.
5
Lalu masukkan bahan bubuk yang sudah dicampur tadi, es batu dan putih telur. Haluskan sampai semua tercampur rata. Tingkat kehalusannya sesuai selera ya, kalau suka agar bertekstur jangan terlalu halus saat memblendernya. Kalau saya suka yg agak bertekstur.
6
Didihkan air hingga mendidih lalu matikan apinya. Saat apinya mati baru kita cetak baksonya dan masukkan ke air tadi. Jadi tips agar bakso kenyal itu jangan memasukkan adonan bakso kedalam air yg sedang mendidih tp ke air panas saja. Kalau ibu dulu sih gak sampai mendidih, asal udah agak kelihatan gelembung kecil didasar langsung dicetak baksonya. Tekniknya beda tapi konsepnya sama yaaa.
Bakso Daging Sapi Kenyal - Step 6
7
Kalau sudah selesai dicetak nyalakan api dan masak hingga baksonya mengambang. Saat memasak usahakan apinya kecil saja ya agar matangnya merata.
8
Kalau sudah mengambang angkat dan tiriskan. Ada yang pakai cara dimasukkan ke air es untuk menghentikan proses memasaknya, tp kalau saya ditiriskan biasa aja juga gak masalah kok tetap enak.
9
Voilaaa jadi deh baksonya. Dijamin kenyal dan enak banget. Rasanya daging banget tapi gak bikin enek. Mau dibuat bakso bakar, bakso kuah atau sekedar dimasukkan di capcay dan sup enaaak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Otak otak baso pedas manis

Otak otak baso pedas manis

Karena harus pergi keluar rumah hari ini dan niatnya mau bikin lauk simple yang disuka semuanya buat sarapan pagi.. jadilah menu ini.. disantap sama nasi panas dan kerupuk.. maknyuss. Simple cepat dan bahan2nya murah 😊

3-4 orang
10 menit
Bakso bakar

Bakso bakar

Liat food blogger lg jalan ke Malang makan bakso bakar jd ngiler.. 🤤 Untung dikulkas ada stok bakso sapi jadi dibikin aja deh bakso bakar pedas manis versi sendiri ,, enakk plus puas lg makan banyak😆

Nasi Goreng Kornet Bakso

Nasi Goreng Kornet Bakso

Menu sarapan pagi yang menjadi langganan untuk dimasak #PejuangGoldenApron3

Oseng Bakso Mercon

Oseng Bakso Mercon

Yang pedas mantap dan cocok buat temen makan nasi hangat #PejuangGoldenApron3

Kuah Bakso simple

Kuah Bakso simple

Seger banget dan enak banget masyaAllah

Bakso sapi homemade

Bakso sapi homemade

Ceritanya pingin makan bakso.. etapiii warung bakso langganan belum bukaa amangnya masih mudik lebaran...hihi.. inget ada stok daging sapi di kulkas langsung kepikiran bikin sendirii 🤤 saya share cara bikin pentolnya yaa.. kalau untuk resep kuahnya sudah ada di postingan saya sebelumnya..,🥰🥰

Sup rempah daging sapi dan baso

Sup rempah daging sapi dan baso

untuk #OlahanDagingKurban hari ini aku buat yg seger²

Bakso kuah sederhana

Bakso kuah sederhana

4 orang
30 menit
Sambal bakso

Sambal bakso

Sederhana

Bakso mercon kuah

Bakso mercon kuah

Harusnya pake ceker, dikarenakan gak ada ceker. Jd di gantikan dengan otak-otak bakso. Yang penting sedep😋

3 Orang
20 menit
Day. 396 Bakso Sapi Labu Siam (19 month+)

Day. 396 Bakso Sapi Labu Siam (19 month+)

Ga mau makan anaknya.😅 Padahal yg lainnya suka. Pake tepung bakso instan ya ini tuh. Boleh kalo mau dibumbui dan pake tapioka aja.

Sup bakso rambutan

Sup bakso rambutan

2orang
1jam
Tumis Keciwis (ceciwis) Bakso

Tumis Keciwis (ceciwis) Bakso

kalau menurutku, keciwis atau ada juga yang bilang ceciwis berbeda rasa dibanding pakcoy atau caosin. karena rasanya tidak ada pahit pahitnya, alasan lebih suka menumis keciwis.

2 orang
10 s/d 20 menit
Bakso Aci

Bakso Aci

Sejujurnya, sata nggak tahu bedanya bakso aci dan cireng banyur. Saya belum pernah makan dua2anya huhu. Cuma lihat resep orang2, kok isinya mirip ya. Dua2nya ada aci rebus dan aci gorengnya. Maafkan ya kalo saya salah. Intinya, makanan ini enaak, seger, asem dari kucuran lemon (kalo ada, pake jeruk sambel), dan kenyel2 acinya. Saya paling suka komposisi aci dan terigunya 1:1. Paling pas buat selera saya. Silakan sesuaikan dengan selera masing2, ya, komposisi bisa diubah. Mau lebih banyak tapioka juga monggo. Mau pake bawang daun ya oke, enggak juga ndak masalah. Bentuknya mau bulat2 sempurna kayak kelereng juga monggo. Saya sedang pengen bakso aci yang bentuknya abstrak, nggak beraturan gitu. Warnanya merah banget karena daya pake jenis cabe merah pedas, tp pedasnya nggak seperti rawit, jadi bisa pake cukup banyak.

Sop Wortel Baso

Sop Wortel Baso

Menu makan siang buat ini aja , sayur sop membuat segaarr,, resep dari mba neti Resep By Neti Yuliasari #juli #2021 #masakseru #GenkPeda #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_NetiYuliasari #sopwortelbaso #cookpadcommunity_id #HappyCooking

1 mangkok