Bakso Aci

Dipos pada March 3, 2022

Bakso Aci

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso Aci yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakso Aci yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakso Aci, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakso Aci enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakso Aci sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakso Aci memakai 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sejujurnya, sata nggak tahu bedanya bakso aci dan cireng banyur. Saya belum pernah makan dua2anya huhu. Cuma lihat resep orang2, kok isinya mirip ya. Dua2nya ada aci rebus dan aci gorengnya. Maafkan ya kalo saya salah. Intinya, makanan ini enaak, seger, asem dari kucuran lemon (kalo ada, pake jeruk sambel), dan kenyel2 acinya. Saya paling suka komposisi aci dan terigunya 1:1. Paling pas buat selera saya. Silakan sesuaikan dengan selera masing2, ya, komposisi bisa diubah. Mau lebih banyak tapioka juga monggo. Mau pake bawang daun ya oke, enggak juga ndak masalah. Bentuknya mau bulat2 sempurna kayak kelereng juga monggo. Saya sedang pengen bakso aci yang bentuknya abstrak, nggak beraturan gitu. Warnanya merah banget karena daya pake jenis cabe merah pedas, tp pedasnya nggak seperti rawit, jadi bisa pake cukup banyak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakso Aci:

  1. Bahan Aci
  2. 1,5 gelas terigu
  3. Ü1,5 gelas tapioka
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt bawang putih bubuk
  6. Lada bubuk
  7. Kaldu instan
  8. 250 ml air panas
  9. Bawang daun cincang
  10. Bahan Kuah:
  11. 1/2 bawang bombay sedang
  12. 2 siung bawang putih
  13. sesuai selera Cabe merah (rawit/keriting)
  14. Kaldu instan
  15. Lada bubuk
  16. Garam
  17. secukupnya Air kaldu
  18. Taburan:
  19. Air lemon
  20. Bawang goreng
  21. Bawang daun cincang

Langkah-langkah untuk membuat Bakso Aci

1
Aci: campur terigu, tapioka dan bumbu2. Aduk rata. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok. Masukkan bawang daun. Campur hingga rata, jangan diuleni ya, cukup tercampur aja. Aci rebus: didihkan air banyak untuk merebus. Bulatkan adonan aci sesuai selera ukurannya. Rebus hingga mengapung dan matang. Tiriskan. Aci goreng: bentuk aci sesuai selera, masukkan ke minyak dingin di wajan. Setelah wajan penuh, panaskan wajan dan goreng aci sampai matang, kecoklatan. Tiriskan.
2
Kuah: haluskan bawang bombay, bawang putih dan cabe. Tumis dengan sedikit minyak sampai matang. Tuang air secukupnya. Bumbui dengan lada bubuk, kaldu instan dan garam. Masak sampai mendidih. Koreksi rasa. Masukkan aci rebus dan goreng secukupnya. Rebus lagi hingga mendidih saja.
3
Sajikan bakso aci dengan dikucuri air jeruk lemon dan ditaburi bawang goreng dan bawang daun. Afiyet olsun!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Balado Ceplok dan Bakso

Balado Ceplok dan Bakso

3-4orang
30 menit
Bakso asem manis pedas

Bakso asem manis pedas

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum.... Masih ikutan challenge #recookpapadaan Community Kalsel,setelah intip²dapurnya mba Nani kepincut sama resepnya bakso asem manis kebetulan punya stock baso ayam dikulkas takut kelamaan jadi dibikin cemilan yg asem manis pedes Yuuk... Aku tambahkan cabe rawitnya biar agak pedes coz pak suami doyan pedes. Sc : Nani Setiati Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/13218491-bakso-asam-manis?invite_token=KETpL7w8sjaYDsPKwxHsXLYw&shared_at=1620563087 #PejuangGoldenApron3 #kampoengramadan #KURMA_KreasiDapurRamadan #KampoengRamadan #RecookPapadaan #Recook_Nanisetiati #Recookoftheweek #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Barabai #DutaRecookBarabai #MasakItusaya

20 biji
40 menit
Bakso sosis saus tiram

Bakso sosis saus tiram

#PejuangGoldenApron3

Bakso Sapi Telur Puyuh

Bakso Sapi Telur Puyuh

Untuk membuat bakso sapi isi telur puyuh ini tidak diperlukan es batu ataupun baking powder. Cara pembuatannyapun sederhana. Dan yang penting rasanya... Enak. 😊 Untuk kuah baksonya saya cooksnap resep mbak Putri Nurfaa, ada beberapa penyesuaian, diantaranya karena suami suka kuah bakso yang bersih dan tidak berlemak, jadi saya menyaring kuahnya 2x. Sebelum dimasak untuk mengambil lemak/gajihnya dan setelah dimasak untuk memisahkan kuah dengan ampas bumbu. Alhamdulillah... Yang dimasakin suka 🥰 #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #kampungIDAMAN #cookpadcommunity_semarang #semangcook_hokya

Tahu bakso daging sapi

Tahu bakso daging sapi

●13.Juli.21● Assalamualaikum..., akhir nya bikin tahu bakso. Pake cara yg simple aja tapi dijamin hasil nyaa nyumiii😍. Untuk anak anak setelah direbus, saya lumuri pake tepung instant krispi rasa keju lalu goreng. Untuk yg dewasa Original saja plus ditemani sambal kecap cabe rawit,,Masyaallah ini enak sekali💕.

Kuah bakso enak gurih segar

Kuah bakso enak gurih segar

Iseng bikin bakso sendiri dan ngeracik kuah sendiri di hari libur

30 porsi
40 menit
Bakso ikan krispi

Bakso ikan krispi

Bakso ikan enak gurih krispi, mudah di buat dan pasti jadi favorit😋😋

Bakso Aci

Bakso Aci

Bakso aci ini bisa dimakan langsung sambil dicocol pakai saus atau dimasak lagi dicampur dengan bahan makanan lain.

4 orang
30 menit
Nasi Goreng Baso Sosis Pedas

Nasi Goreng Baso Sosis Pedas

1-2 orang
30 menit
Bakso kuah segar

Bakso kuah segar

4 orang
50 menit
Sambel Mie Ayam/Bakso

Sambel Mie Ayam/Bakso

sambel rebus yang biasanya di abang2 tukan bakso atau mie ayam...bisa juga buat sambel soto #PejuangGoldenApron3

Bakso Balado Teriyaki

Bakso Balado Teriyaki

Setelah sekian lama tidak masak menu favorit sendiri, karna di pesantren tdk ada kompor. Hhi Selamat mencoba bunda, barokallahu fiik😍

3-5 orang
45 menit
Kuah Udang Bakso Seafood

Kuah Udang Bakso Seafood

Edisi beberes freezer .. #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

Tumis Brokoli Ayam Bakso

Tumis Brokoli Ayam Bakso

Masak tumisan lagi😆Paling gampang & cepet ya buat tumisan ya.Bahan2nya juga bisa pake apa aja yg ada👍Kali ini aku buat tumis ayam bakso brokoli.Yumii❤ #cookpadcommunity_bandung

4 org
20 menit
Sop baso seafood

Sop baso seafood

Pas nih dikalmntan bbrp hari ini cuaca g nentu siang panas bnget, sore tiba2 hujan... Masak yg pas menu nya sama cuaca di sampit😁

4 s/d 8 orang
30 menit
Sup Bakso

Sup Bakso

Ummah dan Abah lagi puasa. Jadinya anak" maem yg simple" aj. Alhamdulillah sangat mudah, dan anak" suka.

Bakso Sapi Solo

Bakso Sapi Solo

Bismillah Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...... Taqobbalallahu Minna Wa minkum sahabat Cookpad... Selamat merayakan idul fitri 1442H bersama keluarga 🤗💐 Bertemu kembali dengan agenda rutin grup kesayangan CLOVER Alhamdulillah minggu ini kembali Ibu Yeni @seruni berbagi THR untuk teman2 CLOVER 😍dengan memberikan tantangan berkreasi menu lebaran. Semoga ibu yeni selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan aamiiinn. Nah, dirumah kami BAKSO SAPI ini menjadi menu andalan, tdk pernah ketinggalan saya hidangkan saat lebaran, karena saya merantau diluar jawa sudah beberapa kali lebaran tdk mudik, teman2 rantau kami kebanyakan dr sumatera, kalimantan dll. Mereka senang sekali dengan menu bakso ini segeeerr katanya, karena rata2 mereka sudah masak bersantan dirumah..😄 Berikut resepnya: Source bakso: rickekitchen Source kuah bakso asli magelang : rezakitchen #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_(kotakamu)

Bakso rumahan

Bakso rumahan

Hujan dari pagi. Pengennya makan yang berkuah dan seger. Di freezer ada bakso frozen yang baru dibeli di tetangga. Yuk mari bikin kuahnya.