Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade)

Dipos pada March 14, 2022

Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) diperkirakan sekitar 1 jam 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) memakai 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Buka kulkas liat ayam cuman sedikit, tp juga ada daging slice (shortplate) yang sama dikitnya, yuk la di mix aja biar dapetnya agak banyak 🤭 #jiwaemakemakekonomiskubergetar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade):

  1. 200 gr dada ayam fillet
  2. 200 gr daging shortplate slice
  3. 2 butir putih telur
  4. 3 siung bamer, goreng
  5. 2 siung baput, goreng
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 2 sdt kaldu jamur
  8. 1 sdt Penyedap Rasa
  9. 1 sdt garam
  10. 1 sdt merica bubuk
  11. 2 sdt baking powder
  12. Secukupnya Air Es
  13. 150 gr tepung tapioka (sagu)
  14. Bahan Kuah Bakso :
  15. 2 liter Air Kaldu Ayam
  16. 2 btg Daun Bawang, iris besar
  17. Secukupnya Gula & Garam
  18. 2 siung baput goreng, ulek kasar
  19. Secukupnya Kaldu Jamur
  20. 1 sachet bumbu kuah bakso (me: merk mamasuka)
  21. Bumbu Halus :
  22. 8 siung bawang putih
  23. 1/2 sdm merica bubuk
  24. 1/4 sdm biji pala bubuk
  25. Bahan Pelengkap :
  26. Sawi, tauge, seledri, sambal rawit, bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade)

1
Cuci bersih ayam fillet kemudian masukkan kedalam chopper ayam dan daging shortplate yang telah dibersihkan tadi, haluskan dan apabila sudah halus matikan chopper.
2
Setelah itu masukkan putih telur, air es, garam, merica bubuk, baking powder, kaldu jamur, penyedap rasa, minyak wijen dan bawang goreng. Chopper lagi sampai halus dan tercampur rata.
3
Kemudian siapkan baskom ukuran sedang, tuang seluruh adonan kedalam baskom kemudian tambahkan tepung tapioka, uleni sampai rata.
4
Siapkan panci berisi air, lalu panaskan dengan api sedang, bentuk adonan bakso dengan cara dijepit menggukanan sela sela antara ibu jari dan telunjuk hingga membentuk bulat, kemudian ambil dan rapikan dengan sendok, cemplungkan kedalam panci, tunggu hingga adonan mengapung lalu angkat dan tiriskan.
Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) - Step 4
Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) - Step 4
5
Untuk kuah bakso, tumis bumbu halus hingga berwarna kecoklatan dan harum. Masukkan bumbu tumisan kedalam air kaldu yang sedang dipanaskan dengan api kecil, lalu tambahkan potongan daun bawang. Aduk aduk, kemudian tambahkan 1 sachet bumbu kuah bakso mamasuka, gula, garam dan kaldu jamur secukupnya. Aduk rata dan terakhir tambahkan ulekan baput goreng. Tes rasa.
Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) - Step 5
6
Terakhir siapkan mangkuk, masukkan semua bahan pelengkap, pentol bakso dan kemudian siram dengan kuah, sajikan beserta sambal rawit dan bawang goreng agar lebih nikmat.
Bakso Ayam Mix Daging Shortplate (Homemade) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakso balado simple

Bakso balado simple

Butuh waktu yg cepat buat olahan yg pedes-pedes, ini salah satu pilihannya 😀 #PejuangGoldenApron3 #Minggu ke 30 (Minggu, 27 Des 2020)

Tumis Tauge + Bakso

Tumis Tauge + Bakso

#GA_TheNextLevel #Week_32

1 piring
30 menit
Creamy Mie Bakso

Creamy Mie Bakso

Bismillah Suatu kali saya membuat ini untuk sarapan keluarga. Karena bahan-bahan dan cara membuatnya yang sangat simple, anak-anak saya bisa membuatnya sendiri. Resep dari Dapur Kobe ini menjadi favorit, karena bisa mengurangi makan mie instant. Saat wiken jika kami ingin sarapan menu ini, biasanya saya dan suami yang belanja bahan-bahannya, nanti ketiga anak saya yang memasaknya, pun si bungsu saya yang laki-laki, dia sekarang sudah pandai lho menggoreng telur. #MasakSekeluarga #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Jakarta #resepwindri2020 #week30

2 porsi
20 menit
298. Sop Sawi, Bakso, Sosis dan Tahu

298. Sop Sawi, Bakso, Sosis dan Tahu

Ujan terus bikin mager puoool.. Di Rumah adanya sawi, bakso, sosis dan tahu. Pengen yang anget² dibikin sop aja deh, yang gampang, yang simpel tapiii bikin kenyaaaang 😃😃😃😃 Semoga resep ini bisa menginspirasi bunda-bunda lainnya😊😊 Ditunggu #Recooknya yaa moms 🙂🙂 #SopSawiBaksoSosisTahu #ResepDapoerBudhe #CookpadCommunity_kudus #StayAtHome #MemasakAdalahAku #Cookpaders #MasakanDapoerBudhe #DapoerBudhe #Januariku

3 orang
15 menit
Oseng Kombinasi Bakso Sambal Terasi

Oseng Kombinasi Bakso Sambal Terasi

Supaya sedep, Jadi pakai bumbu sambal trasi... Ini aku ksh resep porsi banyak ya, Krn skalian msk utk catering

50 porsi
40 menit
Bakso bakar teflon

Bakso bakar teflon

Weekend iseng bikin menu simple untuk anak2.

3 orang
10-15menit
Sop bakso

Sop bakso

8 orang
30 menit
Baso bihun

Baso bihun

Baso bihun sy padukan dg ikan tuna sesuai persediaan d kulkas, tp selera aja sih mau dipadukan dg ayam / daging sapi jg boleh sih, selera aja. Tp ini kyny kurang terasa ikannya, ikannya kurang bnyk...🤫😀, jd ikan / ayam / daging sapi bs ditambah ya. Bisa disajikan dg kuah atau tanpa kuah dicocol dg saus / tanpa saus...selera...

217. Sayur Santan Tahu, Bakso Ikan dan Udang

217. Sayur Santan Tahu, Bakso Ikan dan Udang

Memanfaatkan sisa bahan yg ada di rumah #PejuangGoldenApron3

Baso Ayam Goreng Garing diluar Lembut didalam

Baso Ayam Goreng Garing diluar Lembut didalam

Pagi pagi sdh hujan mau kepasar malas persedian stock sdh menipis kita olah stock yg ada di kulkas aja kebetulan ada paha fillet ayam lgs aja kita buat baso goreng ala ala aja tp rasa enak garing di luar lembut di dlm nya 😋 #Mingguke32 #PejuangGoldenApron3 #Dirumahaja #Basogorengayam

17 biji
60 menit
Sup Jagung Bakso Berserabut

Sup Jagung Bakso Berserabut

Ada stok jagung, jadi dibuat sup sehat bergizi ini. Source : Mita.W#MommyFayzel#

Sup Sawi hijau bakso

Sup Sawi hijau bakso

Saat cuaca dingin seperti ini paling enak menyantap hidangan berkuah dan hangat tapi di sisi lain bikin kita jadi mager , iya gag siey momz😄 Akhirnya masak yg praktis, simply aja niey momz, yg penting bergizi, iya gag siey😘 Gag pake lama yuuk momz cek resepnya dan cuus lah eksekusi kita rasakan manfaat #SawiHaja sekalian ikut meramaikan #PekanRayaSawi👌🏻 #BamasakBaimbai #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_borneo #RecookOfTheWeek #PejiangGoldenApron3

Sop Bakso Campur Campur

Sop Bakso Campur Campur

21.02.2021 (38.1) Cuacanya lagi hujan terus bbrp hari ini ya, jadi bawaannya mager tapi mulut maunya ngunyah hehe.... Nah biar ilang magernya & tetep semangat & sehat, makan yg anget2 mmg enak kan pas hujan2 begini, jadi sengaja saya bikin sop bakso campur2 semua deh ada disini #eeeaaaa Sumber: IG @siska_dewi_lestari #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_jakarta #cookpad_id #dapurmama_at #GATNL_38thweek

#30 Sambal Mie ayam, bakso dan soto

#30 Sambal Mie ayam, bakso dan soto

Sambal ini bisa disimpen di kulkas diwadah tertutup biar tahan lama dear ☺️ #PejuangGoldenApron3

Bakso rumahan anti ribet

Bakso rumahan anti ribet

Musim Winter sudah tiba ❄ suhu yang kadang mencapai minus membuat saya kangen menyantap makanan berkuah khas tanah air demi menghangatkan tubuh. Dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur yang serba terbatas, sayapun akhirnya memutuskan menggunakan 6 jenis bahan yang saya dapatkan di dapur demi bisa menikmati bakso buatan rumah sendiri 😊.

8 porsi
1 jam 30 Menit
Bakso ayam untuk Gerd

Bakso ayam untuk Gerd

Assalamu'alaikum..... Hari ini saya bikin bakso ayam yang Insyaa Allah aman dikonsumsi utk penderita Gerd. Bakso ini tanpa pengenyal kimiawi, baik itu Karagenan, Phosmix atau STPP. Murni hanya dengan putih telur. Utk bawang putih saya gunakan bawang putih yang dibakar, supaya aromanya lebih tajam, tapi ga bikin perih di lambung. Kalau Bunda ga suka ayam, Bunda bisa ganti dengan daging sapi merah, tapi yang non lemak. Karena ini resep utk Gerd, jadi tepung patinya saya banyakin ya Bun? Normalnya kan 1 kg daging 1 ons tepung pati. Yuk deh langsung ke resep. #PejuangSehat

5 orang
2 jam
Roti Baso Empuukkk ♡

Roti Baso Empuukkk ♡

Cocok untuk roti basic juga ^^ . . Resep roti dimodifikasi dari ci Tintin Rayner

± 33 biji