Bakso sapi

Dipos pada February 25, 2022

Bakso sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakso sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakso sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakso sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bakso sapi adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Bakso sapi diperkirakan sekitar 1 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakso sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakso sapi memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamu'alaikum teman-teman tanggal tua Kali ini yuk kita bikin bakso sapi yang cocok banget kalau udah eneg sama masakan lebaran, Mudah, hemat dan pasti laris disuka seluruh keluarga besar. Hasilnya dijamin memuaskan, kenyal dan endeus banget. Saya juga kasih resep kuah gurih yang cocok buat menyertai baso ini, Resepnya mudah, gampang dan hemat kok, dan yang pasti bergizi dan aman tanpa pengawet dan pewarna.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakso sapi:

  1. 500 gr Daging
  2. 100 gr Tepung tapioka
  3. 150 gr Es batu
  4. 3 siung Bawang putih
  5. 5 siung Bawang merah
  6. 2 sdt Garam
  7. 2 sdt Merica bubuk
  8. 1/2 sdt Kaldu ayam
  9. 1/2 sdt Baking powder
  10. Bahan-bahan kuah kaldu:
  11. secukupnya Tulang ayam
  12. 1 sdt Garam
  13. 2 sdt Kaldu bubuk
  14. 1 sdt Merica
  15. 1 sdt Gula
  16. Daun bawang 2 batang (iris tipis)

Langkah-langkah untuk membuat Bakso sapi

1
Haluskan bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga matang.
Bakso sapi - Step 1
Bakso sapi - Step 1
2
Kemudian siapkan daging sapi yang telah di potong kecil – kecil di sarankan agar mencuci daging sebelum di potong kecil – kecil, masukan daging sapi ke dalam blender tambahkan es batu lalu blender hingga halus.
Bakso sapi - Step 2
Bakso sapi - Step 2
Bakso sapi - Step 2
3
Setelah halus tambahkan bawang yang telah di goreng tadi bersama kaldu bubuk, garam, merica dan tepung tapioka masukan secara bertahap.
Bakso sapi - Step 3
4
Setelah tercampur merata, tuang adonan baso ke wadah lalu masukan freezer selama 30 menit atau kulkas bawah 1 jam supaya adonan lebih padat dan di bentuknya lebih gampang
5
Sambil menuggu adonan di kulkas, buat kuah nya dulu bisa pakai daging ayam,atau tulang sapi. Masukan bawang goreng, merica, gula pasir, kaldu bubuk,garam dan bawang daun ke dalam kuah baso jangan memakai kuah yang telah di bumbui untuk proses pematangan baso nanti hasil dan warna nya akan menjadi gagal
Bakso sapi - Step 5
Bakso sapi - Step 5
6
Siapkan air yang sudah mendidih dan air biasa di mangkuk kecil agar mudah saat membentuk adonan. Masukan baking powder ke dalam adonan baso aduk rata, lalu bentuk baso dengan tangan atau sarung tangan karet jika ada sebelum membentuk adonan tangan di celupkan dulu ke air lalu bentuk baso sesuai keinginan masukan ke dalam panci yang berisi air panas.
Bakso sapi - Step 6
7
Air panasnya sesudah mendidih diangkat baru nanti baksonya dicemplung air panas tanpa diatas api supaya bentuk bakso tidak rusak. Setelah semua adonan baso selesai di bentuk didihkan air yang di panci dengan api kecil hingga semua baso mengapung di permukaan panci tanda sudah matang baru tirikan dan rendam dengan air es kulkas selama 10 menit lalu tiriskan. Bila mau langsung dimakan bisa dimasukkan kuah kaldu, bila mau buat stok ditaruh diplastik untuk stok penyimpanan dikulkas.
Bakso sapi - Step 7
Bakso sapi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG

BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG

Kalau makan bakso yang ada gorengan nya gini, selalu kangen sama Bakwan Surabaya di Jl Teuku Umar Denpasar. Udah beberapa kali trial error buat bakso , sering gagal, but today I've found the best recipe for myself so I decide to archive recipe in here!

4 orang
1 jam 30 menit
Pentol baso

Pentol baso

2 orang
Sup ayam bakso urat

Sup ayam bakso urat

Jadi ceritanya malam ini masak dadakan dooong, pertama alhamdulillah ada yg kasih bakso urat, kedua dirumah ada persediaan wortel dan ayam dan yang ketiga sih karena dirumah ada bumbuyu bawang putih bubuk. Jadi masak hemat gak perlu repot xixixixi alhamdulillah rasanya tetap maknyoosssss bundπŸ’― oh iya maaf juga untuk langkah tidak difoto ya bund, karena ini masaknya ngebut juga hehehe #CookpadCommunity_Bogor

Bakso kuah Rawit

Bakso kuah Rawit

Bakso yang kuahnya merah merona ini hasil cooksnap ke mba Ratih @Ratihanggraeni27. Tapi sy membuatnya versi cepat, mba ratih menumis 2 jenis bumbu untuk membuat bakso kuah rawitnya jadi lebih sedap. Kalau sy kan malesan, jadi bikin sekaligus 1 bumbu aja πŸ˜… Tapi soal sedapnya,, nyerempet koq sama punya mba RatihπŸ˜… Pengunaan bumbu bakso kuah rawit sy disesuaikan dengan pengunaan bakso yg cuma 20 butir dan ukurannya mini. Kuahnya sy buat agak medok, dan pedes walaupun rawit sy cuma sedikit. Bakso kuah rawit untuk #combongabibita_jajanbakso punya #cookpadcommunity_bogor minggu ini. Berikut resep mba Ratih jika ingin nyicipin bakso kuah rawit yang lebih lengkap bumbu dan cara buatnya: https://cookpad.com/id/resep/13168358-bakso-kuah-rawit?invite_token=s6z8XKV5CGSoob5WC5BDK9K5&shared_at=1625736633 Atau yang lebih seru lagi nyicipin langsung di tempat mba Ratih, tapi buat sy cukup jauh walaupun sesama Bogor. Moga usahanya tambah laris ya mba Ratih...makasih udah bagiin resepnyaπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

1 porsi
25 menit
Oseng Bakso Sosis Telur Puyuh

Oseng Bakso Sosis Telur Puyuh

Inspirasiong menu sahur simple yg dibuat karena bosen sama menu masakan di kapal. Saya kalau masak pakai feeling saja, jd garam gula dan penyedap dikira2 saja sesuai selera masing2.

2 orang
45 menit
Sup sayur bakso

Sup sayur bakso

Ini termasuk menu yg sering di masak kalo sedang kehabisan ide sementara sdh harus buru2 masak utk sarapan he he Bisa jadi tambahan menu utk sahur jg lho. Oh ya, baksonya bisa diganti dgn suiran ayam rebus. Selamat mencoba ya.

Sop Ceker & Baso (400)

Sop Ceker & Baso (400)

Sayur yg lengkap isinya ya sayur sop...seru saat makan cekernya...seger kuahnya...Alhamdulillah resep ke 400... #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #posbarIDAMAN

1 jam
Baso Aci Kuah Pedas

Baso Aci Kuah Pedas

Assalamualaikum.. Bismillah.. Alhamdulillah..kapan2 bikin lebih banyak aaahhh..🀀🀀🀀 Makasiiiih bunda @heny_rosita inspirasi resep dan tipsnya yaaa..πŸ™πŸ€—πŸ₯° Ini saya modifikasi menyesuaikan bahan yaaa bun..semoga berkenan..πŸ™πŸ€—πŸ₯° Untuk resep asli silahkan disini yaaa https://cookpad.com/id/resep/12808016-baso-aci-kuah-pedas?invite_token=nwsDpyTw5i3AkgYAJJJHijAr&shared_at=1627710916 #PosbarIdaman #KurasKulkas #DibuangSayang #BamasakBaimbai #CookpadCommunity_Kalsel

Sup Oyong Bihun Bakso

Sup Oyong Bihun Bakso

Sup ini terdiri dari Oyong /gambas, Bihun dan Bakso Sapi,, #supoyongbihunbakso #supoyongbihunbakso_Dapur NEA #PejuangApronCookpad

60 Menit
Tumis Bakso Saus Tiram

Tumis Bakso Saus Tiram

02.07.21. Source : Amrina Ananda https://cookpad.com/id/resep/14757171-brokoli-bakso-saus-tiram?invite_token=WCd5e1A4W1EcSbfwb7kPpgBx&shared_at=1625130203 *denganpenyesuaian Arisan Cooksnap kali ini resepnya mba nanda. Aq gak punya brokoli dan anakΒ² kurang suka jd aq pakai kembang kol sm wortel aj 😁 Resep mamenit mateng ini mah, gak pake susah. Pasti semua bisa πŸ˜‰πŸ‘Œ #CooksnapResep_Nanda #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia #ResepMamaUpay ^^ Happy Cooking 😊 ^^

4orang
30menit
3. Kuah Bakso

3. Kuah Bakso

Belajar bikin kuahnya dulu sebelum bisa bikin baksonya πŸ˜…πŸ˜…

5 porsi
Sayur wotel,putren,baso,pakcoy,jamur bumbu teriyaki

Sayur wotel,putren,baso,pakcoy,jamur bumbu teriyaki

Bikin yang gampang buat sarapan,tinggal iris2,cemplung2

5 porsi
30 menit
Tumis Pakcoy Bakso

Tumis Pakcoy Bakso

#Pekanposbar_Masaksesuaibudget #masakmurahenak

Bakso

Bakso

Hari ini suami n anak2 request minta dibuatkan bakso, mk hr ini jdlah menu kita bakso home made... #PejuangGoldenApron3 #Week46 #260421

15 mangkok
70 menit
51. Balado Udang Bakso

51. Balado Udang Bakso

Lagi pengen masak yang sedep-sedep, cus masak ala anak kosan

3 orang
30 menit
Sayur oyong bakso

Sayur oyong bakso

Udh kesiangan karna disambi sama dagang jd agak maraton masaknya.