BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG

Dipos pada February 23, 2022

BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG

Anda sedang mencari inspirasi resep BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG memakai 29 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalau makan bakso yang ada gorengan nya gini, selalu kangen sama Bakwan Surabaya di Jl Teuku Umar Denpasar. Udah beberapa kali trial error buat bakso , sering gagal, but today I've found the best recipe for myself so I decide to archive recipe in here!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG:

  1. Bahan Bakso Ayam
  2. 300 g paha/dada ayam fillet
  3. 40 g es batu
  4. 1 sdm bawang putih goreng
  5. 1 sdm bawang merah goreng
  6. 1 butir putih telur (yg kecil)
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 40 g tepung sagu / tapioka (2,5 - 3 SDM)
  9. Seasoning : gula, garam, merica, kaldu bubuk
  10. Bahan Bakwan Ayam Udang
  11. 170 g paha ayam fillet
  12. 30 g lemak & kulit ayam
  13. 140 g udang kupas
  14. 50 ml air dingin
  15. 30 ml minyak bawang putih/minyak goreng
  16. 2 SDM minyak wijen
  17. 1 Sdm saos tiram (opsional)
  18. 1 sdm bawang putih gorent
  19. 1 sdm bawang merah goreng
  20. 1 batang daun bawang (bagian putih)
  21. 1 butir telur
  22. 1/2 sdt baking soda, 1/2 sdt baking powder
  23. 165 g tepung tapioka
  24. Bahan Kuah
  25. 1 batang daun bawang
  26. 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
  27. 1 sdm bawang merah goreng,haluskan
  28. Tulang ayam/tulang sapi/kepala udang untuk kaldu
  29. Seasoning : Garam, Kaldu Jamur, Merica

Langkah-langkah untuk membuat BAKSO & BAKWAN AYAM UDANG

1
Buat bawang merah & bawang putih goreng. Minyak nya simpan (untuk bakwan goreng & kuah kaldu)
2
Bakso pentol : Potong dadu ayam sebelum di masukkan ke dalam chopper, haluskan ayam dengan chopper.
3
Setelah setengah halus, tambahkan es batu dan bawang goreng. Chopper hingga halus. Tambahkan telur, baking powder & seasoning, chopper lagi.
4
Terakhir masukkan tepung tapioka.
5
Didihkan air, bulat-bulatkan bakso sesuai selera. Tips: Untuk tes rasa, masak satu bakso dahulu agar kita bisa mengoreksi jika belum pas rasanya.
6
Another tips : Adonan Bakso harus dalam keadaan dingin sekali ya, jika kurang dingin dapat disimpan dahulu ke dalam freezer selama 10 menit. Masukkan bakso dalam air panas mendidih namun kompor mati. Jika sudah masuk semua, baru nyalakan kompor masak di api sedang hingga matang.
7
Bakwan/Bakso Goreng Ayam Udang Masukkan ayam & udang yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam chopper. Haluskan
8
Tambahkan liquid (air, telur & minyak), seasoning, bawang2an goreng, daun bawang. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta.
9
Tambahkan tepung tapioka, baking powder & baking soda. Taruh adonan di chiller, goreng sesaat sebelum makan.
10
Tips : 1. Untuk tes rasa, goreng sedikit adonan di teflon tanpa minyak agar dapat dikoreksi. 2. Menggoreng harus depan minyak panas, api kecil selama +/- 20 menit sambil diaduk.
11
Kuah : Tumis daun bawang & bawang goreng yang sudah di haluskan dengan minyak bawang. Masukan tulang-tulangan/ jika memakai kepala udang disangrai terlebih dahulu. Jika sudah wangi, masukkan air bekas rebusan bakso pentol. Masak hingga matang & jangan lupa koreksi rasa.
12
Bakso siap dihidangkan dengan bawang goreng, seledri dan daun bawang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Siomay lalapan cuciwis baso jamur

Siomay lalapan cuciwis baso jamur

Bismillah Salah satu menu favorit keluarga yang baik untuk pencernaan Dengan pasta probiotik asam amino

2 orang
Pangsit bakso

Pangsit bakso

Resep ini ada. Karena q gak bisa makan semburan, efek akhir2 ini sakit, tapi suka jajan. Jdi lah ini. Dengan bahan seadanya di rumah

sekitar 40 biji
25 menit
Tahu baso

Tahu baso

Suka sama tahu baso ini,daripada beli mending bikin sendiri..rasanya dijamin endeus sambil dicocol saos atau pake cabe hijau rawit..sekalian ikut meramaikan #pekanposbarmanisgurih Untuk tahu baso saya memang lebih suka bikin sendiri,karena menggunakan udang lebih sedap dan terasa dagingnya..pernah coba bikin pas gaada udang rasa jadi kurang

90menit
Kuah Bakso Malang

Kuah Bakso Malang

Bakso adalah hidangan yang sering kita jumpai... Kita juga sering menemukan penjual bakso keliling... Apalagi jika kita tinggal di Malang, tidaklah sulit menemukannya... Makanan favorit keluarga...πŸ˜‹

10orang lebih
30menit
Bakso Sapi (pakai blender)

Bakso Sapi (pakai blender)

Baksonya bisa diolah jadi berbagai macam makanan, spt bakso kuah, bakso goreng, bakso bakar, atau dijadikan pelengkap mie ayam, tergantung selera aja, atur2 sesuka hati .. Tips bakso pakai blender : 1. Cincang daging kecil2. Agar mudah dicincang kecil2, bekukan dulu dagingnya (1/2 beku saja). Daging 1/2 beku, selain mudah dicincang, juga mudah di blender. 2. Setelah bakso mengapung, segera angkat dan taruh di air es, agar proses pematangannya berhenti. Source : Fitri Sasmaya https://cookpad.com/id/resep/3431604-bakso-sapi-pakai-blender?invite_token=5exgSPqJyTWRwahqQjFcby8g&shared_at=1618156437 #PotBerbisik_SambutPuasa #KampoengRamadan #PekanPosbar #PekanPosbarHidanganKering #cookpadcommunity_Bekasi #cookpad_id #MasakItuSaya

Capcay bakso sederhana dengan ayam suwir

Capcay bakso sederhana dengan ayam suwir

Ada ayam suir sisa isian cireng akhirnya mix lah dengan bahan bahan yang ada d kulkas. #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN

4 orang
30 menit
Tumis Taoge Tahu Bakso

Tumis Taoge Tahu Bakso

Sederhana namun tetap memenuhi gizi keluarga...πŸ™‚πŸ™ #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

246. Sup Mie Asin Bakso (Menu Sehat Protein Hewani)

246. Sup Mie Asin Bakso (Menu Sehat Protein Hewani)

Pagi Cookpaders πŸ’™ Ikut ngumpul meramaikan Posbar Cookpad, dgn Tema Masakan Yang mengandung protein tinggi, Yaitu Protein Hewani dan Nabati. Serta Posbar bersama G3C #CookingCommunityClass_MenuRamadhan tema #BancakanCeriaRamadhan Saya bikin Sup Mie Asin Bakso Ikan Tenggiri. Manfaat IKAN TENGGIRI🐠 Untuk Kesehatan : -Mencegah Penyakit Jantung. -Mendukung Kesehatan Tulang. -Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak. -Baik Untuk Penderita Gangguan Teroid. -Menjaga Kesehatan Mata. Sup Mie Asin adalah Kegemaran Masyarakat Singkawang, cuma Saya bikinnya mendadak untuk Sahur, jadi tidak memakai Racikan pelengkap. Yaitu : Teri goreng dan kacang Goreng serta perasan Lemon Cuy. Check this out πŸ‘‡ #PekanPosbarProtein #SupMieAsin_SastraCSDewi #Resep_SastraCSDewi https://cookpad.com/id/pengguna/20816143 #SalamKompakSelalu #Cookpadcommunity_Kalbar

4 orang
30 Menit
Baso mercon by mamah adreena

Baso mercon by mamah adreena

Makan siang kali ini liat stok dikulkas cuma ada baso, langsung di eksekusi kedapur. Selamat mencoba

4 orang
15 menit
Tahu Bakso Ayam Udang

Tahu Bakso Ayam Udang

Saya dapat menu ini dari resepnya Bunda Nur Sabatiana... Enakk bangett berasa dagingnya, anakΒ² juga suka banget

Bakso Ikan Kuah

Bakso Ikan Kuah

Kali ini, saya mau berbagi resep nan lezat dan sederahana ini; Bakso Ikan Kuah yang sangat mudah, instan dibuat. Sebelumnya mohon maaf Jika sopnya kelihatannya sedikit berminyak; saya menaruh sedikit lebih banyak minyak wijen dari biasanya. Kalian bisa memilih untuk tidak menambahkan minyak wijen sama sekali jika ingin kuah yang bening. Jika Anda ingin menambahkan aneka sayuran seperti : tauge, bok choy, sayur sawi asin, sawi putih atau pare; silakan ditambahkan biar lebih mantap rasanya! Selamat mencoba para sobatku!

1 orang
50 menit
Gulai udang + baso

Gulai udang + baso

Udh lama ga masak2. Akhirnya masak lagi dan bisa upload 😁

Tumis Buncis Bakso

Tumis Buncis Bakso

masak sesuai stok di kulkas. kebetulan msh punya sedikit buncis dan bakso. cus eksekusi #cookpadcommunity_solo #wongsolomasak

20 menit
Bakso Sapi

Bakso Sapi

menghabiskan stok daging sapi yg ada kulkas kiriman kurban kemarin, kita bikin bakso aja sekalian bisa buat stok di kulkas #CookpadCommunity_Depok

Sop Bakso Udang

Sop Bakso Udang

Lagi bosen ayam, telur sm daging brrt waktunya mengolah seafood hehehehe

3 orang
1,5 jam
Semur Tahu Kulit Mix Bakso Sapi

Semur Tahu Kulit Mix Bakso Sapi

Bahan-bahan semua Ada, @Dapur Basah. . Request Ortu masak ini, yaaaaa nurut saja lah. . πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ˜„πŸ˜„. " ") Kata Ortu, enak Nak lauk dan Sayur hari ini . . . Terimakasih yaaaa Nak!! Sama-sama mama β™₯️β™₯οΈπŸ‘πŸ™πŸ™..

Rame-rame
30menit